Panduan Cara hasilkan Profit dari Internet, Komisi Online Affiliate ratakan dan Yubi Store,Reseller Berkah Herbal,Cakning Dropshiper,Jual Buku Dewa Eka Prayoga,Bimbel RWP.

Dasar WordPress untuk Pemula

Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula

Jika Anda mencoba mencari cara membuat website, atau sedang mencari jasa pembuatan website, bisa jadi Anda akan menemukan informasi pembuatan website menggunakan WordPress.
Nah, bagi Anda yang tidak terlalu akrab dengan dunia IT, tentu Anda akan bertanya-tanya, “Apa itu WordPress?”

IndoStore Theme

WordPress adalah …

WordPress adalah sebuah aplikasi Open Source pembuatan website yang diciptakan oleh dua orang programmer asal Amerika Serikat bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Website apapun bisa Anda ciptakan menggunakan WordPress, mulai dari website sederhana hingga website yang memiliki fitur canggih, tanpa perlu banyak berurusan dengan script pemrograman rumit.
Hanya dengan mengatur halaman, plugin, dan tata letak, Anda sudah dapat menciptakan sebuah website yang kaya fitur.
Jika diibaratkan masakan, membuat website secara manual dengan script pemrograman dan membuat website dengan WordPress seperti perbandingan memasak dengan bumbu mentah dan memasak menggunakan bumbu instan.

custom script vs wordpress

Ada banyak proses manual yang harus Anda lalui ketika menggunakan bumbu mentah. Anda harus menakar bahan, mengupas, memotong-motong hingga menghaluskan terlebih dahulu sebelum mulai memasak.
Sebaliknya, ketika memasak dengan bumbu instan Anda hanya perlu menyiapkan bahan baku & mencampurnya dengan bumbu saja sebelum siap dinikmati.
Dalam konteks hasil yang dihasilkan nantinya akan sama, bahkan lebih baik, tentu Anda lebih memilih cara instan, bukan?
Selain hasil yang lebih baik, WordPress juga menawarkan efektivitas serta waktu pengerjaan yang lebih cepat. Pendeknya, proses pembuatan website Anda akan jauh lebih mudah menggunakan WordPress.

Fungsi & Manfaat WordPress

fungsi & manfaat WordPress

Seperti yang telah dibicarakan pada awal pembahasan, fungsi utama WordPress adalah membantu Anda membuat website tanpa perlu banyak bersentuhan dengan script pemrograman website. Secara default, WordPress sudah memiliki komponen dasar sebuah website seperti editor, pembuatan halaman, hingga plugin yang memungkinkan Anda menambahkan fitur khusus seperti toko online, pop-up banner & sebagainya.
Jika biasanya seorang web developer mampu membuat website secara manual dalam waktu 30 hari, Anda dapat membuat website dalam hitungan menit dengan menggunakan WordPress. Menarik, bukan?

Jenis-Jenis WordPress

Tahukah Anda bahwa WordPress memiliki 2 jenis, yaitu WordPress Hosted dan WordPress Self-Hosted.

Apa yang membedakan keduanya? Secara umum yang membedakan keduanya adalah lokasi penyimpanan file website. Akan tetapi, ada hal lain yang membedakan kedua jenis WordPress ini. Berikut kami berikan ulasannya untuk Anda.

1. WordPress Hosted

wordpress adalah

Anda dapat menggunakan layanan WordPress Hosted tanpa biaya sama sekali dan sudah  mendapatkan jatah disk space sebesar 3GB. Hanya saja, website Anda nantinya akan diletakkan pada subdomain .wordpress.com.

Jika Anda menggunakan layanan ini, seluruh file dan gambar website akan disimpan di server milik WordPress.

Kelebihan:

  • Gratis, tidak memerlukan biaya berlangganan hosting dan domain.
  • Tidak memerlukan maintenance script & hosting.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki akses ke script website.
  • Fitur terbatas (tidak tersedia plugin).

Layanan ini cocok untuk …

  • Pemula yang belajar membuat website dasar.
  • Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk berlangganan hosting & domain.
  • Anda yang membuat website untuk keperluan non komersial & pembelajaran.

2. WordPress Self-Hosted

wordpress adalah

Apabila Anda ingin menggunakan WordPress Self-Hosted, Anda harus berlangganan paket hosting serta memiliki domain sendiri terlebih dahulu. Setelahnya, Anda dapat menginstal WordPress pada layanan hosting yang Anda miliki tersebut.
Source code untuk WordPress Self-Hosted dapat diunduh di https://wordpress.org. Alternatifnya, Anda juga bisa melakukan instalasi melalui fitur auto-installer yang biasanya terdapat pada paket hosting Anda.

Kelebihan

  • Dapat memasang theme & plugin pada website serta mengedit scriptnya.
  • Memiliki akses penuh ke file website.
  • Lebih mudah dalam optimasi SEO.

Kekurangan

  • Harus menyiapkan budget biaya hosting & domain.
  • Harus mensetting script & mengatasi sendiri jika ada permasalahan pada website.

Layanan ini cocok untuk …

  • Pemula yang ingin belajar membuat website profesional.
  • Anda yang ingin membuat website dengan fitur dan kebutuhan spesifik.
  • Anda yang serius membangun bisnis secara online.
Dari penjelasan di atas, Anda bisa mengambil keputusan jenis WordPress mana yang cocok untuk Anda gunakan saat ini dilihat dari kelebihan & kekurangannya masing-masing.

Kelebihan WordPress Dibandingkan CMS Lain

wordpress adalah

Dibandingkan dengan CMS lainnya WordPress memiliki keunggulan tersendiri, di antaranya:

User-friendly

Jika dibandingkan dengan CMS lainnya, tampilan halaman administrator WordPress cukup user friendly, menu pada halaman wordpress tidak terlalu banyak namun cukup mewakili semua fungsinya. Sehingga bagi pengguna pemula akan lebih cepat menguasai penggunaan WordPress.

Instalasi Mudah

Proses instalasi WordPress baik secara manual ataupun otomatis melalui Softaculus adalah sangat mudah. Hanya dengan mengisi beberapa kolom isian saja, website WordPress Anda dapat terinstal dan segera siap dipakai.

Fitur Serta Dukungan Theme & Plugin yang Lengkap

Website seperti apapun bisa Anda wujudkan menggunakan WordPress. Mulai dari website company profile, toko online, hingga website tour & travel, semuanya dapat Anda buat dengan mudah. Tersedia juga jutaan theme serta plugin yang siap membantu Anda menciptakan website yang kaya akan fitur.
Jika dibandingkan dengan CMS lain, jumlah developer theme & plugin WordPress jauh lebih banyak. Ini artinya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan pilihan karena semuanya sudah tersedia!

Open Source

Sifat WordPress adalah Open Source. Karenanya, Anda dapat memodifikasi script untuk disesuaikan dengan kebutuhan sistem website Anda.

Kekurangan WordPress Dibandingkan CMS Lain

wordpress adalah

Meskipun memiliki banyak kelebihan memukau, WordPress juga memiliki kelemahan dasar seperti halnya CMS lain. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Open Source

Ya, Anda tidak salah baca. Selain kelebihan, sifat Open Source pada WordPress juga berpotensi menjadi kelemahan. Bagaimana bisa?
Dengan mengetahui source code script WordPress, orang-orang yang berniat buruk dapat mencari kelemahan & menggunakannya sebagai jalan untuk melakukan hacking pada website berplatform WordPress.

Tampilan yang Seragam

Karena CMS WordPress dapat diunduh dengan mudah, semakin banyak orang menggunakan tampilan dasar WordPress secara seragam. Hal ini kadang menjadi kendala bagi pemilik website perusahaan karena website mereka jadi terkesan pasaran atau ‘kurang eksklusif’.
Namun, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini masih bisa disiasati dengan menggunakan plugin WordPress yang memungkinkan Anda memodifikasi tampilan dasar WordPress tersebut.

Update Compability

WordPress sangat rajin memperbarui fitur serta aspek keamanan CMS mereka. Meskipun ini dapat dilihat sebagai hal positif, rupanya hal ini juga dapat memberikan dampak kurang baik bagi beberapa plugin.
Pengembang plugin yang tidak dapat mengimbangi update resmi WordPress dapat berakibat plugin buatannya tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru.
Hasilnya, plugin tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dalam beberapa kasus hal ini dapat berakibat lebih parah, membuat website Anda menjadi error.

Kesimpulan

Akhir kata, pilihan kembali ada di tangan Anda. Jika Anda ingin memiliki website dengan proses pembuatan cepat serta pengoperasian mudah, CMS WordPress layak Anda jadikan pilihan.
Akan tetapi, apabila Anda membutuhkan website dengan fitur yang rumit dan spesifik, rasanya akan lebih tepat jika Anda membuat website secara custom menggunakan PHP manual atau framework. Meskipun, tentu saja, hal ini juga bisa diakomodasi oleh CMS WordPress.
Instalasi WordPress adalah sangat mudah! Anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah. Kami memiliki ebook panduan yang bisa membantu Anda mempelajari WordPress dengan lebih cepat. Unduh di sini sekarang.Ebook Tutorial WordPress Part 1Ebook Tutorial WordPress Part 2 
Anda pernah menggunakan WordPress? Jangan ragu untuk berkomentar. Sampaikan pertanyaan maupun pesan dan kesan Anda seputar WordPress di kolom komentar berikut ini.
Salam hangat,

wordpress

Web Hosting untuk KebutuhanWebsite Bisnis AndaSupport pelanggan 24/7 siap membantu Anda dalam menjalankan
bisnis online. Tak perlu khawatir website Anda down.
Jaminan server uptime 99,98%
Daftar Sekarang




https://panel.niagahoster.co.id/ref/5703?r=ordernow/configure/13
Share on Google Plus

About Ahmad Burhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar